Olimpiade Nasional

Olimpiade Nasional Bahasa Arab ke-3 Tahun 2019

بلغة القرآن الكريم نرتقي | Dengan Bahasa al-Qur’an al-Karim Kita Bangkit

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional. Satu dari enam bahasa resmi yang digunakan dalam organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Bahasa Arab juga menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara; utamanya di kawasan Timur Tengah. Bahasa Arab dituturkan lebih dari 300 juta penduduk dunia.

Bahasa Arab juga menjadi bahasa agama bagi sekitar satu setengah miliyar muslim diseluruh dunia; karena kitab suci umat Islam, al-Qur’an al-Karim, diturunkan dalam bahasa Arab. Bahkan beberapa ritual ibadah wajib dilaksanakan dengan bahasa Arab seperti Syahadat dan Sholat. Oleh karena itu bahasa Arab masuk dalam peringkat lima besar bahasa-bahasa di dunia yang paling banyak digunakan; selain bahasa Mandarin (Cina), India, Inggris dan Spanyol.

Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam. Jumlah orang Indonesia yang memeluk agama Islam mencapai 90 persen lebih. Hanya sekitar sepuluh persen sisanya saja yang beragama non-Islam. Bagi orang Islam bahasa Arab selalu digunakan setiap hari. Setidaknya ketika membaca kitab suci al-Qur’an al-Karim dan menunaikan ibadah sholat. Jadi bisa dipastikan orang yang beragama Islam memiliki pengetahuan tentang bahasa Arab.

Nenek moyang Indonesia sudah mengenal tulisan Arab dengan baik ratusan tahun lamanya sebelum kolonial Eropa menjajah Indonesia dan mewariskan huruf latin. Jadi sebelum ejaan latin masuk ke wilayah Nusantara, masyakarat nusantara telah menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi; setidaknya huruf Arab dalam hal tulis-menulis untuk hampir semua bahasa Daerah. Tidak heran banyak karya-karya terdahulu yang ditulis dalam tulisan huruf Arab walaupun bahasanya bisa bermacam-macam (Melayu, Sunda, Jawa, Madura, dan sebagainya).

Kegiatan Olimpiade Nasional Bahasa Arab merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini diselenggarakan selain sebagai syiar Bahasa Arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat ukhuwah islamiyah-wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan bahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan pengajar dan pelajar bahasa Arab di Indonesia.

Melalui Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini diharapkan potensi dan bakat pelajar dan pengajar bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan. Amin.

BUKU PANDUAN